PROFIL MAJT TV

  1. SEJARAH PERUSAHAAN

Diawali dengan penandatanganan kerjasama antara MAJT, MAJT-TV, Udinus, dan TVKU pada 8 Januari 2017. Naskah kerja sama ditandatangani oleh Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko MSc, Ketua MAJT Dr H Noor Achmad MA, Dirut TVKU Dr Guruh Fadjar Sidiq, dan Dirut MAJT-TV Drs Agus Fathuddin Yusuf MA. Kemudian menghasilkan buah kesepakatan kerja sama siaran MAJT TV akan dilakukan 2 jam setiap hari di channel TVKU.

Berdirinya MAJT TV dipengaruhi berdasarkan dari spirit kepentingan syiar Islam dan menyuarakan Islam Rahmatan Lilalamin yang penuh kedamaian. Kehadiran MAJT TV dengan fokus utama berisikan konten konten dakwah yang menambah warna tersendiri bagi stasiun televisi lokal di jawa tengah. Kehadiran televisi lokal dengan berfokus pada siaran dakwah, bukan hanya menjadi tangan panjang dakwah Masjid Agung Jawa Tengah, tetapi juga diharapkan dapat menyiarkan program program pilihan yang mengedukasi masyarakat, menambah keimanan, sekaligus juga semakin mencerahkan kaum muslim khususnya tentang nilai nilai keislaman dalam ajaran islam.

Memiliki slogan Televisi Dakwah Masa kini, Dengan semangat seperti itulah MAJT TV hadir ditengah-tengah masyarakat Jawa Tengah. Sebagai pionir televisi dakwah di Jawa Tengah yang ingin menghadirkan program program yang informatif, edukatif tetapi juga mengandung nilai hiburan. Mulai mengudara pada tanggal 27 Mei 2017 atau 1 Ramadhan 1438 H MAJT TV dapat mengudara secara lokal dengan siaran bersama di frekuensi TVKU Semarang Channel 49 UHF. Dengan studio siaran mandiri yang berlokasi di Lantai 1 Menara Al Husna, MAJT TV bersiaran pukul 04:30-05:30 dan 21.00-22.00 WIB setiap hari nya. Kemudian MAJTTV diresmikan pada 14 Februari 2018, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh DR KH Noor Achmad MA selaku Ketua DPP MAJT kepada Direktur MAJT TV, Dr Guruh Fajar Shidik S.Kom.,M.Cs

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya kebutuhan masyarakat, MAJT TV mulai memposisikan diri sebagai stasiun televisi digital dengan menerapkan berbagai layanan media sosial, youtube, website, live streaming sehingga lebih stabil dan jernih. Dengan memaanfaatkan siaran melalui Youtube, MAJTTV dapat mejangkau pemirsanya secara siaran langsung dan dapat lebih mudah diakses secara berulang ulang, Didukung dengan teknisi yang berpengalaman, menjadikan MAJT TV sebagai televisi lokal satu-satunya di Semarang yang didirikan oleh tempat ibadah yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan professional dalam bidang broadcasting, serta ditunjang dengan infrastuktur dan peralatan yang lengkap untuk mendukung konsep acara secara kreatif dan inovatif yang diinginkan masyarakat. MAJT TV terus berbenah dan mengikuti perkembangan zaman dengan tetap mempertahankan ciri khas televisi dakwah. Program-program acara yang disajikan pun mulai berkembang dan beragam dengan menyasar target sasaran usia produktif 18 – 40 tahun. MAJT TV tengah bersiap pada tranformasi era televisi digital yang dicanangkan akan dimulai April 2022.

  1. LOGO
  2. VISI:

“Menjadi Pionir Perkembangan Media Televisi Yang Fokus Pada Dakwah Islam”

  1. MISI:
    1. Memperkokoh misi utama MAJT sebagai pusat peradaban Islam yang moderat atau wasathiyah.
    2. Menyajikan program yang berkualitas, edukatif, dan berkarakter bernafaskan ajaran islam yang rahmatan lil’ alamin.
    3. Menyajikan informasi, Hiburan dan Kontrol sosial melalui televisi berkarakter yang berbasis pengembangan dakwah Islam.
    4. Sebagai media dakwah yang edukatif, ilmiah, rasional dan religius dalam membentuk kepribadian generasi bangsa.
    5. Sebagai Media syiar Islam dalam menyuarakan islam rahmatan lilalamin yang penuh kedamaian.
    6. Sebagai mitra promosi dan pemasaran yang efektif, profesional, dan terpercaya.
    7. Memakmurkan Masjid Agung Jawa Tengah.
  1. TUGAS DAN WEWENANG
  2. Produser
    • Bertanggung jawab penuh atas produksi suatu program yang disiarkan MAJTTV
    • Berkoordinasi dengan pihak eksternal atau talent program dan narasumber
    • Membuat perencanaan dengan pihak sponsor program
    • Memastikan tersedianya materi siaran, mulai dari rundown program, iklan, hingga berbagai kelengkapan siaran
    • Melakukan briefing kepada semua kru, host, dan narasumber
    • Memantau alur program, sekaligus mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh para pengisi program
    • Melakukan evaluasi terhadap program yang telah selesai dieksekusi, untuk perbaikan di kesempatan berikutnya.
  3. Kreatif
    • Membuat rundown program yang disiarkan di MAJTTV
    • Menyiapkan properti program dan setting stage program di MAJTTV
    • Mengatur alur program dari segmen ke segmen supaya sesuai dengan rundown
    • Memilih source gambar yang ditayangkan selama program berlangsung
    • Mengelola dan mencatat keuangan baik pemasukkan dan pengeluaran guna kelancaran produksi program
  4. Teknik & IT
  • Bertanggung jawab agar program MAJTTV dapat tersiarkan dengan internet yang lancar secara audio visual
  • Memastikan komputer produksi yang digunakan dapat berfungsi normal
  • Memastikan bahwa seluruh peralatan dapat digunakan dengan optimal dan efisien
  • Menyiapkan perangkat untuk siaran
  • Mengumpulkan materi siar dan menyusun pada perangkat siaran sesuai dengan rundown program.
  1. STRUKTUR ORGANISASI
Penanggung Jawab :

Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA

Prof. Dr. Ir. Edi Noor Sasongko M,Kom

Kabag. Humas & Pemasaran : Beny Arief Hidayat S.Po., M. Agri
Direktur Radio DAIS & MAJT TV : Fajar Tri Utami, S.Kom
Koordinator MAJT TV : Hary Pemungkas, S.S., M,I Kom
Produser : Dadang Supriatna, S.Sos
IT & Teknik : M. Syamsul Ma’arif
Kreatif : Ghinari Oryza Sativa Putri

 

Program Acara MAJT TV

  • Radio On TV

Radio on tv merupakan siaran talkshow program kolaborasi dengan Radio DAIS yang divisualkan menjadi tayangan televisi, saat ini jenis tayangan seperti ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan podcast. Program ini dirancang untuk mendekatkan pendengar dan pemirsa tentang bidang keislaman, yang diharapkan agar bisa memberikan pencerahan, juga memberikan motivasi dalam mengarungi kehidupan. Dengan narasumber kyai kyai di Jawa Tengah yang mumpuni di bidang nya masing masing, Program ini diproduksi secara rutin menjadi program harian yang disiarkan live streaming youtube majttv juga radio dais. Program ini juga membuka layanan line interaktif melalui telepon dan wa radio dais. Adapun narasumber pengisi Radio on TV adalah sebagai berikut :

  1. Kyai. Khoirul Amin, S.Ag.
  2. Habib Muhammad bin Farid Al-Muttohar
  3. KH. Ulil Albab Syaichun, S.Ag.
  4. Dr. KH. Abdul Hadi Muthohar, MA
  5. Hilmi Wafa, S.E, M.Pd.
  6. Ustadz Muslihin, Lc.
  • Assalamualaikum Imsyak

Merupakan program terbaru dari MAJT TV, dengan dikemas ke dalam talkshow interaktif, dengan pembahasan tema umum yang lebih menjangkau target pemirsa yang lebih luas. Icon pada program ini adalah host nya yaitu Imam Syakur yang akrab disapa dengan sebutan Imsyak. Selain nama host, memilih nama Assalamualaikum Imsyak karena kata nya terasa cukup dekat dengan nilai nilai islam. Imsyak jika pada bulan Ramadhan dianggap sebagai sinyal tanda menjelang adzan subuh. Sehingga diharapkan Assalamualaikum Imsyak ini dapat menjadi tayangan yang selalu menyapa dan menjadi sinyal edukasi juga informasi yang mudah dicerna dan menghibur permisanya. Spesialnya dari program ini, sebelum memulai tayangan, tim kreatif program menyiapkan games polling untuk melibatkan pemirsa dalam konten arah pembicaraan bahasan. Pemirsa juga dapat bertanya melalui line interaktif sehingga komunikasi dua arah terjadi dan materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik. Narasumber nya pun terus berganti setiap minggunya supaya menarik dan fresh di tiap episodenya. Program ini disiarkan langsung di Youtube MAJTTV, dan disiarkan ulang Radio DAIS, dan TVKU.

  • NGOPI (Ngaji Online Perkara Islam)

Merupakan tayangan program talkshow interaktif mingguan yang digagas karena adanya pandemi COVID-19, bersama RISMA JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) MAJTTV berkolaborasi menciptakan program ini yang target audience nya untuk anak anak muda. Hal ini dikarenakan semenjak pandemi maka kajian tatap langsung yang biasanya diadakan jadi tidak bisa berlanjut. Maka disiarkan lah secara live streaming, sehingga bisa mengaji dari rumah. Pemirsa juga dapat bertanya melalui line interaktif sehingga komunikasi dua arah terjadi dan materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik. Karena target audience nya anak muda, talkshow ini dikemas dalam pembawaan yang santai. Narasumber nya pun terus berganti setiap minggunya supaya menarik dan fresh di tiap episodenya. Program ini disiarkan langsung di Youtube MAJTTV, Radio DAIS, Live FB RISMA JT dan disiarkan ulang di TVKU.

  • Kajian Islam

Merupakan kajian islami yang membahas studi-studi islam secara detail. Kajian ini berlangsung di Ruang Utama Shalat MAJT, setiap ba’da maghrib hingga menjelang isya. Program ini biasanya disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube MAJTTV dan disiarkan ulang di TVKU.

  1. Kajian Hadits narasumber KH. Habib Ja’far Shodiq
  2. Kajian Tematik narasumber H. M. Saifudin
  3. Kajian Tafsir Al-Quran narasumber KH. Hadlor Ikhsan
  4. Kajian Kitab Durrotun Nasikhin narasumber KH. Dzikron Abdullah
  • Pesan Sesama

Merupakan perintah, nasihat, permintaan, amanat ataupun bentuk sosialisasi yang disampaikan narasumber kepada pemirsa atapun sesama, ke seluruh lapisan masyarakat. Narasumber bisa jadi tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah, dan berbagai kalangan. Dikemas dalam bentuk video singkat sehingga lebih ringkas dan mudah dipahami langsung ketika menyaksikannya. Program ini ditayangkan untuk konten media sosial MAJTTV dan Youtube MAJTTV.

  • Lentera Hikmah

Program ini biasa ditayangkan special pada bulan Ramadhan, program ini berisi siraman rohani dengan narasumber yang berbeda beda tiap episodenya. Program ini berdurasi 3 – 7 menit yang diproduksi secara tapping lalu melewati tahap editing kemudian disiarkan di Youtube MAJTTV.

  • Liputan Khusus (Lipsus)

Program ini adalah tayangan khusus yang tidak setiap hari ada, Namun dalam event tertentu dapat disiarkan baik secara Live (siaran langsung) ataupun Tapping (siaran tunda). Seperti Shalat Idul Fitri, Shalat Idul Adha, Upacara Hari Santri, Harlah MAJT, Duta Muda Antri Narkoba Jawa Tengah, MAJT Berbagi, Konser Amal Bersama Melly Goeslaw dan Sabyan Gambus, Harlah MAJTTV, Peresmian peresmian tertentu dan lain sebagainya.

Share This